Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi
  1. Pelaksanaan kurikulum berdasarkan KTSP (K2006)
  2. Pengaturan beban mengajar
  3. Penentuan KKM
  4. Mata pelajaran muatan local
  5. Kegiatan ekstrakurikuler
  6. Pengembangan silabus dan RPP
  1. Program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling
  2. Aspek penentuan KKM
2
Standar Proses
  1. Lima mata pelajaran memiliki RPP
  2. Beban mengajar guru lebih dari 24 jam
  3. Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran
  4. Supervisi kelas
  5. Member kesempatan guru untuk ikut pelatihan
  1. Tigamatapelajaran
  2. Pengadaanbukutekssiswabelumsebanding
  3. Menggunakanbukusumber di perpustakaan
  4. Evaluasi guru dalam proses pembelajaran
3
Standar Kompetensi Lulusan
  1. Siswa lulus diatas KKM
  2. Ketersediaan bahan ajar
  3. Penggunaan lab komputer
  4. Penegakan tata tertib sekolah
  5. Peringatan hari besar keagamaan dan hari besar nasional
  6. Pembiasaan hidup bersih dan sehat
  7. Ibadah sholat berjamaah
    1. Piket UKS
    2. Majalah dinding
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  1. Pendidik lata rbelakang S1
  2. Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan
  3. Guru memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, manajerial, dan supervise
  4. Guru memiliki SK pengangkatan GTT,GTY, DPK
  5. Kepala sekolah pendidikan terakhir S1
  6. Rata –rata kehadiran guru dalam satu semester 95 %
  7. Kelulusan siswa tiap tahun 100 %
  8. Memiliki penjaga sekolah
    1. Guru yang belum S1 melanjutkan ke S2
    2. Merencanakan program supervise akademik secara kontinyu
    3. Memaksimalkan tenaga perpustakaan dari guru maple
    4. Memaksimalkan tenaga guru BK dari guru olahraga
5
Standar Sarana dan prasarana
  1. Sekolah berada di lokasi yang aman dari banjir
  2. Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah
  3. Bangunan memiliki ketentuan luas minimum sesuai dengan rasiojumlah siswa
  4. Struktur bangunan stabil dan kokoh
  5. Sekolah memiliki sanitasi di dalam dan di luar yang dapat memenuhi kebutuhan
  6. Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
  7. Instalasi listrik 2200 watt
  8. Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala
  9. Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, kepala sekolah, guru, uks, toilet guru dan siswa, kamar mandi, gudang, lab Komputer siswa
  10. Ruang kelas sesuai dengan jumla hkelas
  11. Rasio buku teks 1 buku satu siswa yang dimiliki yaitu: Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, PKn, IPS, dan Agama
  12. Sekolah baru memiliki 5 mata pelajaran yang ditetapkan ole hdinas.
  13. Memiliki lab IPA dalam almari
  14. Memiliki sarana olahraga, pengeras suara, TV, dan tape recorder.
  1. Memiliki laboratorium khusus IPA
  2. Sarana kelas perlu dilengkapi
  3. Penambahan sarana di runag perpustakaan dan UKS
  4. Mengusahakan untuk pembangunan tempat ibadah
6
Standar Pengelolaan
  1. Sekolah memiliki visi dan misi
  2. Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama dengan majlis Dikdasmen
  3. Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, renacana kerja tahunan
  4. Sekolah memiliki struktur organisasi
  5. Sekolah melakukan kegiatan ekstrakurikuler
  6. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenagak pendidikan sesuai dengan bidang tugas
  7. Evaluasi kineja pendidik secara periodik
    1. Pemberdayaan alumni
    2. Pemberdayaan bimbingan dan layanan
    3. Pemberian penghargaan bagi guru yang berprestasi
    4. Merencanakan kerjasama dengan ranting muhammadiyah untuk penggalian sumber dana peran serta masyarakat
    5. Mendorong guru untuk meningkatkan kemampuan IPTEK
7
Standar Pembiayaan
  1. Kerjasama dengan wali murid
  2. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan , honor dan gaji guru
  3. Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
  4. Sekolah memungut biaya pendidikan sekitar 80 % dari jumlah siswa
  5. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel.
  1. Peningkatan honor atau gaji guru
  2. Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu dan berprestasi
8
Penilaian Pendidikan
  1. Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
  2. Teknik penilaian meliputi : tes tertulis, lisan, sikap, tugas dan portofolio
  3. Sekolah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas dengan membentuk panitia
  4. Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
  5. Rata-rata kelulusan diatas KKM
  6. Sekolah menyerahkan SKHU dan Ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus
  1. Program remidi dan pengayaan dibuat secara teratur
  2. Setiap tahun peningkatan KKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar