PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
|
NO
|
JENIS
|
SUDAH DILAKSANAKAN
|
AKAN DILAKSANAKAN
|
1
| Standar Isi |
- Pelaksanaan kurikulum berdasarkan KTSP (K2006)
- Pengaturan beban mengajar
- Penentuan KKM
- Mata pelajaran muatan local
- Kegiatan ekstrakurikuler
- Pengembangan silabus dan RPP
|
- Program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling
- Aspek penentuan KKM
|
2
| Standar Proses |
- Lima mata pelajaran memiliki RPP
- Beban mengajar guru lebih dari 24 jam
- Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran
- Supervisi kelas
- Member kesempatan guru untuk ikut pelatihan
|
- Tigamatapelajaran
- Pengadaanbukutekssiswabelumsebanding
- Menggunakanbukusumber di perpustakaan
- Evaluasi guru dalam proses pembelajaran
|
3
| Standar Kompetensi Lulusan |
- Siswa lulus diatas KKM
- Ketersediaan bahan ajar
- Penggunaan lab komputer
- Penegakan tata tertib sekolah
- Peringatan hari besar keagamaan dan hari besar nasional
- Pembiasaan hidup bersih dan sehat
- Ibadah sholat berjamaah
|
- Piket UKS
- Majalah dinding
|
4
| Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan |
- Pendidik lata rbelakang S1
- Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan
- Guru memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, manajerial, dan supervise
- Guru memiliki SK pengangkatan GTT,GTY, DPK
- Kepala sekolah pendidikan terakhir S1
- Rata –rata kehadiran guru dalam satu semester 95 %
- Kelulusan siswa tiap tahun 100 %
- Memiliki penjaga sekolah
|
- Guru yang belum S1 melanjutkan ke S2
- Merencanakan program supervise akademik secara kontinyu
- Memaksimalkan tenaga perpustakaan dari guru maple
- Memaksimalkan tenaga guru BK dari guru olahraga
|
5
| Standar Sarana dan prasarana |
- Sekolah berada di lokasi yang aman dari banjir
- Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah
- Bangunan memiliki ketentuan luas minimum sesuai dengan rasiojumlah siswa
- Struktur bangunan stabil dan kokoh
- Sekolah memiliki sanitasi di dalam dan di luar yang dapat memenuhi kebutuhan
- Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
- Instalasi listrik 2200 watt
- Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala
- Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, kepala sekolah, guru, uks, toilet guru dan siswa, kamar mandi, gudang, lab Komputer siswa
- Ruang kelas sesuai dengan jumla hkelas
- Rasio buku teks 1 buku satu siswa yang dimiliki yaitu: Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, PKn, IPS, dan Agama
- Sekolah baru memiliki 5 mata pelajaran yang ditetapkan ole hdinas.
- Memiliki lab IPA dalam almari
- Memiliki sarana olahraga, pengeras suara, TV, dan tape recorder.
|
- Memiliki laboratorium khusus IPA
- Sarana kelas perlu dilengkapi
- Penambahan sarana di runag perpustakaan dan UKS
- Mengusahakan untuk pembangunan tempat ibadah
|
6
| Standar Pengelolaan |
- Sekolah memiliki visi dan misi
- Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama dengan majlis Dikdasmen
- Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, renacana kerja tahunan
- Sekolah memiliki struktur organisasi
- Sekolah melakukan kegiatan ekstrakurikuler
- Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenagak pendidikan sesuai dengan bidang tugas
- Evaluasi kineja pendidik secara periodik
|
- Pemberdayaan alumni
- Pemberdayaan bimbingan dan layanan
- Pemberian penghargaan bagi guru yang berprestasi
- Merencanakan kerjasama dengan ranting muhammadiyah untuk penggalian sumber dana peran serta masyarakat
- Mendorong guru untuk meningkatkan kemampuan IPTEK
|
7
| Standar Pembiayaan |
- Kerjasama dengan wali murid
- Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan , honor dan gaji guru
- Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
- Sekolah memungut biaya pendidikan sekitar 80 % dari jumlah siswa
- Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel.
|
- Peningkatan honor atau gaji guru
- Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu dan berprestasi
|
8
| Penilaian Pendidikan |
- Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
- Teknik penilaian meliputi : tes tertulis, lisan, sikap, tugas dan portofolio
- Sekolah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas dengan membentuk panitia
- Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
- Rata-rata kelulusan diatas KKM
- Sekolah menyerahkan SKHU dan Ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus
|
- Program remidi dan pengayaan dibuat secara teratur
- Setiap tahun peningkatan KKM
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar